MENGANTAR REMAJA KE MASA DEPAN MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI

Aug 25, 2015 by

MENGANTAR REMAJA KE MASA DEPAN  MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI

foto artikel SMAK 2 (tayang 22 April)_resize

To understand their world we must be willing to immerse ourselves in that world. We must embrace the new digital reality. If we can’t relate, if we don’t get it, we won’t be able to make schools relevant to the current and future needs of the digital generation.              -Ian Jukes-

Era global adalah era teknologi di berbagai bidang, termasuk di bidang teknologi informasi (TI). Berbagai perangkat keras maupun lunak menjadi suguhan yang bisa dinikmati nyaris oleh semua orang, terutama di perkotaan. Segala sesuatu pun berkembang dan berubah dengan sangat cepat seiring derasnya arus informasi yang membanjiri manusia lewat dunia maya.

Di bidang pendidikan, penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan TI dapat memperbaiki dan meningkatkan metode belajar mengajar. Sebuah laporan dari National Institute of Multimedia Education di Jepang membuktikan bahwa daya serap para pelajar yang menggunakan TI secara terintegrasi dengan kurikulum yang berlaku, mengalami peningkatan yang signifikan. Dampak positif dapat dirasakan, baik dalam pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan presentasi siswa di seluruh mata pelajaran yang memakainya.

Karena itu, lembaga pendidikan yang tidak mengajarkan dan memfasilitasi siswanya dengan keterampilan dan penguasaan TI pada akhirnya justru akan merugikan baik guru, siswa, maupun lembaga yang bersangkutan. Padahal, tugas lembaga pendidikan adalah mempersiapkan peserta didik agar siap menghadapi masa depan dimana kemajuan teknologi justru akan jauh lebih pesat dari yang kini sedang berlangsung. Bahkan ada yang mengatakan bahwa guru harus menyiapkan peserta didik untuk memasuki dunia kerja baru yang bahkan belum terbayangkan akan pernah ada. Sementara, lapangan kerja baru apapun di masa kini dan mendatang tak bisa lepas dari berkembang pesatnya penggunaan teknologi informasi.

Penguasaan TI saat ini memang sangat penting. Apalagi saat Mendikbud mencanangkan rencana ujian dengan cara online. Hal ini tentu mensyaratkan ketersediaan sarana dan prasarana penunjang sekaligus kecakapan baik guru maupun siswa dalam memanfaatkan TI, khususnya berkaitan dengan akses internet.

Untuk menyiapkan para siswa memasuki era global dan segala konsekuensinya, setiap lembaga pendidikan yang baik perlu mendekatkan siswa dengan kenyataan yang akan dihadapi, termasuk pemanfaatan TI. Itu sebabnya, SMAK2 BPK PENABUR Bandung membekali siswa-siswinya dengan pengetahuan dan keterampilan berbasis TI. Dengan tersedianya Laboratorium Komputer, mereka dapat meningkatkan keterampilan mengakses data dari berbagai sumber terutama internet, menyajikannya dalam format presentasi yang komunikatif dan menarik, juga belajar menggunakan berbagai perangkat keras maupun lunak dalam kaitan TI yang menunjang pembelajaran. Hal ini pun memudahkan baik guru maupun siswa dalam mengerjakan berbagai tugas pada seluruh mata pelajaran.

Selain di Laboratorium Komputer, fasilitas itupun tersedia di ruang-ruang kelas dan Ruang Guru. Dengan demikian, baik guru maupun siswa dapat memanfaatkannya sebanyak mungkin untuk menunjang proses belajar mengajar yang efektif dan menarik. Namun tak hanya itu, siswa juga dibekali dengan nilai-nilai kepatutan dalam menggunakan TI. Dengan mendorong siswa memanfaatkan teknologi informasi dengan benar dan bijak untuk hal-hal yang positif, kita telah membukakan pintu bagi mereka menuju dunia baru di masa depan./Sri Rahayu Asriati, S.T./Ed. NMT

 

IKLAN SMAK 2 (tayang 22 April)_resize

Related Posts

Tags

Share This